idn eng

Konservasi Hutan

konservasi hutan

Industri sawit di Indonesia merupakan industri unggulan yang meyumbang devisa negara. Salah satu peran dan kontribusi industri sawit di Indonesia adalah sebagai tanaman perkebunan. Kelapa sawit menghijaukan areal bekas hutan yang berperan menyerap CO2 dan mengurangi emisi karbon, sehingga berfungsi memperbaiki lingkungan.

Pada tahun 2021, pemerintah berkomitmen dalam melakukan peremajaan (replanting) yang bertujuan untuk meningkatkan produktivitas kebun sawit rakyat yang sudah tua. Replanting juga dilakukan agar kebun atau lahan hutan tersebut tetap tumbuh subur dengan tanaman-tanaman baru yang lebih sehat.

Dengan semakin suburnya tanaman-tanaman baru tentu akan memberikan dampak positif pada pendapatan Perseroan. PT MKTR Tbk melalui entitas anak memiliki area HCV (High Conservation Value) dengan luasan sekitar 42 Ha. HCV adalah hutan yang bernilai konservasi tinggi meliputi nilai-nilai ekologi, jasa lingkungan, sosial dan budaya. HCV sangat berpotensi menyumbang penurunan emisi di sektor kehutanan, perkebunan, dan pertambangan.

Standard & Sertifikasi

SNS

MKTR melalui entitas anak sejak tahun 2019 telah tersertifikasi ISPO (Indonesian Sustainable Palm Oil) untuk perizinan umum. Tujuan ISPO adalah untuk meningkatkan kepedulian pentingnya memproduksi kelapa sawit berkelanjutan, meningkatkan tingkat kompetisi minyak kelapa sawit Indonesia di pasar dunia, dan mendukung komitmen Indonesia dalam pelestarian sumber daya alam dan lingkungan.

ISPO

MKTR melalui entitas anak telah mendapatkan sertifikasi ISO (International Standardization Organization) pada tahun 2022. Tujuan sertifikasi sistem manajemen mutu ISO 9001 yaitu, untuk mencegah terjadinya kesalahan dalam proyek. Selain itu juga, ISO merupakan fungsi kontrol untuk meminimalisir terjadinya kesalahan setelah produk disampaikan kepada konsumen.

Perseroan menargetkan MMAL (Menthobi Makmur Lestari) untuk dapat tersertifikasi ISO 45001 pada tahun 2023. Tujuannya agar perusahaan dapat mengutamakan kesehatan dan keselamatan pekerja dalam beroperasi dan integrasinya ke dalam proses bisnis.

Corporate Social Responsibility

CSR

Pelaksanaan CSR (Corporate Social Responsibility) merupakan komitmen dan langkah strategis Perseroan dalam menjaga pertumbuhan dan keberlangsungan bisnis Perusahaan. Perseroan meyakini bahwa dengan pendekatan yang seimbang antara kinerja ekonomi, kinerja lingkungan, dan kinerja sosial akan mendukung peran Perusahaan dalam pembangunan yang berkelanjutan.

Perseroan secara konsisten melaksanakan kegiatan CSR sebagai wujud kepedulian Perusahaan sekaligus apresiasi kepada masyarakat yang telah memberikan kepercayaan dan dukungan atas proses bisnis Perusahaan.

Keberlangsungan bisnis Perseroan tidak lepas dari partisipasi masyarakat dalam menyambut berbagai produk dan layanan yang ditawarkan oleh Perusahaan. Beberapa kontribusi Perseroan yang telah dijalankan antara lain berupa sumbangan kepada masyarakat sekitar seperti sumbangan beasiswa, kegiatan keagamaan dan kegiatan sosial budaya lokal.

Perseroan berkomitmen untuk terus berkontribusi kepada masyarakat sekitar, sehingga Perseroan juga mendapatkan dukungan positif dalam menjalankan kegiatan usahanya.

Rantai Pasok

Rantai Pasok

Sejak Perseroan berdiri, kegiatan usaha utama Perseroan adalah di bidang perdagangan minyak kelapa sawit, serta bidang perkebunan dan PKS melalui Entitas Anak

Dalam hal ini, Perseroan melakukan trading Tanda Buah Segar (TBS) kelapa sawit yang dibeli dari pengepul, koperasi maupun Kelompok Tani Masyarakat sekitar lokasi pabrik Menthobi Makmur Lestari (MMAL).

TBS yang dibeli oleh Perseroan selanjutnya dilakukan titip olah di pabrik Entisas Anak (MMAL) untuk diproses menjadi CPO.
Hasil produksi CPO dan kernel kemudian dijual oleh Perseroan kepada customer di wilayah Kalimantan Tengah.

Customer melakukan pembayaran langsung kepada Perseroan dan berdasarkan invoice titip olah dari MMAL Perseroan melakukan pembayaran kepada MMAL.

Perseroan berupaya semaksimal mungkin mengarahkan kegiatan usahanya untuk dapat menghasilkan produk yang berfokus kepada kepuasan konsumen. Melalui produk pelayanan yang dihasilkannya, perseroan menciptakan, membina dan mempertahankan kepercayaan konsumen.

Pemberdayaan Masyarakat

PM

MKTR berkembang seiring pembangunan dan perputaran roda ekonomi nasional. Melalui perusahaan entitas anak yang berfokus pada pengelolaan hasil perkebunan, MKTR terus bersinergi dan berusaha menjadi salah satu perusahaan dengan tata kelola terbaik dengan konsep integrasi antara hasil perkebunan rakyat dan inti, pengolahan dan pemanfaatan limbah. didukung dengan transport manajemen yang baik dengan konsep yang ramah lingkungan dan berkesinambungan.