Menthobi Karyatama Raya Tbk

Ini Alasan MKTR Tbk Optimistis Menjalankan Bisnis Sawit yang Berkelanjutan

JAKARTA – Perusahaan investasi bidang komoditi PT Menthobi Karyatama Raya Tbk (MKTR) yang baru saja meresmikan pencatatan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI) optimis terhadap keberlangsungan bisnis kedepannya.

Direktur Utama MKTR, Harry M. Nadir mengungkapkan, luas lahan yang belum tertanam akan turut mendukung penanaman baru dan pertumbuhan produksi tandan buah segar (TBS) kelapa sawit di masa yang akan datang.

Menurutnya, saat ini usia tanaman MKTR berada pada masa produktif dan masih first planting, sehingga potensi untuk replanting masih jauh sekali, mungkin untuk 20 tahun kedepan masih sangat produktif.

“Ruang pertumbuhan MKTR masih besar sekali. Ditambah, MKTR masih memiliki lahan yang cukup luas yang belum ditanami,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (8/11/2022).

Harry mengungkapkan, IPO ini juga menjadi momen penting bagi MKTR dalam upaya mempercepat pengembangan bisnis dan investasi perusahaan. Sebagai perusahaan publik, MKTR kini memiliki akses keuangan dan jejaring bisnis yang terbuka lebar, sehingga perusahaan dapat mengoptimalkan peluang pasar untuk bertumbuh semakin besar.

“Kami telah menyiapkan strategi yang matang dan terintegrasi baik jangka pendek, menengah dan panjang. Melalui pengembangan bisnis yang terukur, prudent, disiplin dalam eksekusi atas semua strategi kami, MKTR menyiapkan diri untuk menjadi perusahaan investasi bidang komoditi terdepan dengan konsep yang ramah lingkungan dan berkesinambungan,” ungkapnya.

Adapun langkah IPO dilakukan dalam rangka meningkatkan kapasitas sebagai perusahaan investasi di bidang agrobisnis dengan tata kelola yang berorientasi pada prinsip berkelanjutan (sustainability) sehingga bisa memberikan nilai tambah kepada para pemegang saham.

Menurut Harry, peningkatan pendapatan MKTR kedepan akan ditopang oleh pertumbuhan produksi yang didukung oleh profil tanaman yang masih muda yang dimiliki perusahaan.

Sementara Vice President Investment Banking PT Danatama Makmur Sekuritas, Denny Saliman, selaku Penjamin Pelaksana Emisi Efek (Lead Underwriter) IPO MKTR mengatakan, IPO merupakan keputusan strategis yang dilakukan MKTR dalam melakukan pengembangan dan ekspansi bisnis. Terlebih, kondisi industri di sektor ini tengah positif, dimana permintaan komoditas CPO di dalam negeri dan global terus meningkat.

Menurut Denny, ada beberapa faktor yang membuat antusiasme investor terhadap saham MKTR cukup tinggi pada masa IPO. Pertama yaitu secara kinerja dan rekam jejak perusahaan yang sangat solid. Didukung para professional di industri perkebunan dengan pengalaman rata-rata lebih dari 20 tahun.

Kedua, positioning MKTR di bidang komoditas yang memang menjadi sektor unggulan dikarenakan Indonesia merupakan salah satu penghasil sawit terbesar dunia.
Dan yang ketiga, dilihat dari rencana bisnis MKTR yang sangat baik, sehingga potensi pertumbuhan usaha di masa mendatang sangat terbuka.

“Di industri ini MKTR memiliki bisnis yang cukup lengkap dan saling terintegrasi, diharapkan ekosistem ini dapat menjadi lebih solid lagi kedepannya,” pungkasnya.

Source: https://www.cnbcindonesia.com/market/20221108124657-17-386026/menthobi–mktr–pede-umur-panjang-alasannya-simple